Selasa, 02 Juni 2015



Nama               : Dwi Indah Astuti
Nim                  : 1402055137


Wawancara Dengan Penjual Sembako
 
Ely Haryati, adalah seorang wira usaha yang membuka warung sembako disekitar kampus Universitas Mulawarman ini sudah menjajakkan barang dagangannya sejak dua tahun silam. Sebelumnya, Ibu yang berusia 31 tahun ini membuka usaha didalam gang Rantau. Namun karena penghasilan didalam gang kurang memuaskan maka beliau memilih untuk membuka warung di luar gang dan alhasil dagangannya disana lumayan laris dari sebelumnya.


           
            Berikut adalah hasil wawancara saya dengan ibu Ely Haryati :
Saya    : Selamat siang ibu.
Ibu       : Iya selamat siang.
Saya    : Maaf Ibu, nama saya Dwi Indah Astuti dari Universitas Mulawarman. Boleh
              ngobrol sebentar ibu?
Ibu       : Ya boleh saja, ada keperluan apa ya dek?
Saya    : Begini ibu, saya ada tugas dari Dosen Pengantar Jurnalistik kami untuk
              mewawancarai seorang pedagang yang ada disekitar kampus unmul.
              Berhubung ibu membuka usaha disini, bersediakah ibu menjadi narasumber
              saya?
Ibu       : Oh iya dek saya bersedia.
Saya    : Saya sampai lupa menanyakan, kalau boleh tahu nama ibu siapa?
Ibu       : Nama saya Ely Haryati
Saya    : Sejak kapan ibu mulai berwirausaha?
Ibu       : Saya mulai membuk usaha ini sejak dua tahun yang lalu dek.
Saya    : Sebelum buka usaha warung sembako di kawasan pramuka ini, apa ibu
              pernah membuka usaha ditempat lain?
Ibu       : Pernah, saya pernah buka usaha didalam gang rantau ini (samil menunjukan            gang yang berada tepat disebelah warungnya)
Saya    : Lalu, kenapa skarang ibu membuka usaha di kawasan Pramuka?
Ibu       : Ya saya pindah karena didalam gang pembelinya kurang dek.
Saya    : Ouh seperti itu, tapi menurut ibu sendiri bagaimana penghasilan usaha ibu
              waktu di dalam gang dengan usaha yang sekarang?
Ibu       : Ya jauh beda 3 banding 1 lah gitu, kan disii lebih ramai karena dipinggir                  jalan raya.
Saya    : Kalau boleh tahu bu, berapa modal awal ibu saat membuak usaha sembako
              Ini?
Ibu       : 8 juta dek.
Saya    : Oia kendala apa saja sih yang pernah ibu alami ketika membuka usaha ini?
Ibu       : Kendalanya pas diawal aja sih dek agak sepi
Saya    : Kalau mengenai omzet ibu, jika boleh tahu dapat perharinya berapa?
Ibu       : 3-4 juta dek.
Saya    : Wah lumayan ya bu, Ibu kalau beli barang-barang dagangan dari mana? Sulit         gak dapatnya?
Ibu       : Gak sulit kok dek, saya biasanya beli di Pasar Segiri
Saya    : Oh ya bu, biasanya pembeli dari kalangan mana..?
Ibu       : Biasanya mahasiswa-mahasiswa yang ngekos disini dibagian sini dek
Saya    : Apa dari usaha ini, ibu bisa memenuhi kebutuhan keluarga ibu..?
Ibu       : Alhamdulillah, dengan usaha saya ini semua kebutuhan keluarga bias                      terpenuhi
Saya    : Apa ibu berencana membuka usaha lainnya, jika sewaktu-waktu ada
              peluang..?
Ibu       : Rencananya ada dek, saya mau buka usaha laundry
Saya    : Apa sih kiat agar bisa mengembangkan usaha ibu..?
Ibu       : Ya intinya harus banyak-banyak sabar dek, apa lagi kalau lagi sepi. Dan                  tentunya jangan lupa untuk selalu ber Doa
Saya    : Ya ibu, rasanya saya sudah banyak bertanya dan mendapatkan informasi dari
              ibu. Terimakasih sudah bersedia menjadi narasumber saya. Semoga usaha
              ibu berjalan dengan lancar.
Ibu       : Iya sama-sama, semoga tugasnya lancar juga ya dek.